Riska Chikox, Mahasiswi Farmasi Berprestasi

Share Button
riska-4
Riska Chikox, Mahasiswi Farmasi Berprestasi

RODAMANIA.COM – Dalam gelaran Walikota Bekasi Road Race Championship Seri 3, di Sirkuit BTR Bekasi Timur Regency, Bekasi, beberapa pekan lalu, kelas matic wanita membius ribuan pasang mata yg hadir menyaksikan langsung jalannya lomba. Meski para peserta nya wanita, soal kemampuan tidak jauh beda dengan pebalap pria.

Salah satunya adalah Riska Chikox pebalap dari tim PJM Samonelse asal Karawang. Ia berhasil menjuarai kelas Matic 115 cc Wanita. 7 lap yang dijadwalkan panitia berhasil ia taklukkan tanpa membuat kesalahan sedikit pun. Chikox sempat bertarung sengit dengan pembalap lainnya, namun ia dapat mempertahankan posisi terdepan hingga bendera finish dikibarkan.

“Tadi Start Nomor 3 waktu kualifiikasi kemarin motor sempat kendala di bagian baut aki jadi bautnya kendor setiap habis tikungan akhir, menjelang start motor selalu mati”, ujarnya.

“Habis start saya langsung masuk di posisi pertama dan itu langsung bertahan sampai finish. Tadi sempet gesek-gesekkan sama Adel Tan tapi tadi pas di R4, dia jatuh. Aku masuk dari dalam tapi dia maksa dari luar akhirnya dia jatuh karena line aku benar itu jelang satu lap sebelum finish”, jelasnya.

Gadis asli Karawang yang memiliki nama asli Riska Novrianti ini, memulai karir di dunia balap sejak duduk di bangku sekolah menengah atas pada tahun 2012 silam. Pertentangan dari kedua orang tuanya, berhasil ia buktikan dengan memberi sederet prestasi.

riska-1 riska

“Saya anak satu-satunya pertama waktu balap dulu aku nggak boleh sama ibu dan bapak aku balap beri 2012 Papa dan Mama Hanya mengingatkan agar untuk berhati-hati dan bisa menjaga pergaulan”, ungkap Riska.

“Dulu waktu awal suka main ke bengkel dan ikut-ikut orang latihan, sempat mendapat pertentangan dari bengkel yang pertama setelah saya pindah ke bengkel yang kedua baru deh saya dikasih kesempatan untuk balap dan itu terus sampai sekarang”, tambahnya.

Bagi Riska, pendidikan itu hal utama yang harus ia jalani. Usai tamat sekolah, Riska pun ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan S1.

“Saya kuliah di semester 3 jurusan farmasi. Saat ini saya kuliah sambil balap jadi penyesuaian waktunya setiap hari sabtu saya balap, dan itu membuat saya tidak masuk di mata kuliah tertentu tapi pihak kampus juga sudah tahu dengan kegiatan saya di luar kuliah”, ungkap mahasiswi Universitas Buana Perjuangan ini.

Untuk menjaga stamina tetap bugar selama balapan, Riska memiliki treatment tersendiri.

“Biasanya saya latihan fisikjogging dan main hand grip karena tangan kanan aku sering kram”, ujar cewek yang juga mahir beladiri Muay Thai.

Ketika ditanya siapa yg mengajari ia balap, dengan santai Riska menjawab “Kalau untuk pengalaman balap saya saya sering menanyakan sama senior-senior saya seperti Aa Bedun, Aa Hendra Axo.Niat balap aku timbul, itu juga karena pertamanya aku ngeliat Axo latihan, terus saya bilang sama dia kalau saya ingin balapan juga. Nah dialah yang salah satu orang yang mendorong saya untuk balap”, tutupnya.

riska-6 riska-5

(GAN)

EDITOR (PAY)

Share Button