Tips Memilih Ban Mobil

Share Button

img_7802

RODAMANIA.COM – Ban adalah komponen yang sangat penting bagi kendaraan, apalagi kendaraan yang kita bawa itu adalah mobil. Kalau ban yang kita pakai bermasalah tentu akan mempengaruhi performa kita dalam membawa mobil, bahkan yang lebih ekstrim bisa menyebabkan kecelakaan.

Meskipun terlihat remeh namun diperlukan sedikit kejelian dan pengetahuan agar kita tidak salah dalam memilih ban dan mendapatkan ban yang cocok seperti keinginan kita.

Mendapatkan ban yang cocok dan sesuai dengan keinginan kita tentu saja akan menambah faktor kenyamanan dan keselamatan kita saat membawa mobil.

Ini adalah tips bagi anda agar bisa mendapatkan ban yang sesuai dengan keiginan anda.

  1. Pertama perhatikan tipe ban, tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan untuk mobil kita pada umumnya tertera pada plakat yang ada di pintu atau laci, di belakang tutup tangki bahan bakar atau pada  petunjuk penggunaan. Berbagai tipe ban mempunyai berbagai macam kode contonya seperti ban berkode P (Passenger), Mobil seperti SUV.MPV biasanya direkomendasikan untuk menggunakan ban jenis ini, karena umumnya digunakan untuk harian dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

Ban tipe A/T(All Terrain) ban ini di desain untuk pemakain di tanah kerikil dan jalan berair. Tetapi tidak mumpuni untuk penggunaaan di medan berat seperti off road. Untuk pemakaian di jalan ber aspal ban ini masih cukup nyaman digunakan. TIpe M/T (Mud Terrain) ban jenis ini di desain khusus untuk offroad, sanggup untuk melibas jalanan berlumpur, berpasir dan bebatuan dan tipe H/T

(High Terrain) ban ini cocok digunakan pada mobil MPV dan sangat cocok di pakai di jalanan beraspal karena corak bannya lebih halus.

  1. Perhatikan juga lebar ban, semakin lebar ban makan daya cengkramnya ke jalan akan semakin baik namun ban yang lebar juga ada kelemahan yaitu akan mempegaruhi akselerasi anda saat akan menambah kecepatan. Umunya kode ukuran dan lebar ban adalah seperti ini 190/50/R15.

Angka 15 menunjukkan ukuran diemeter velg dalam satuan inchi.

Angka 190 menunjukkan ukuran lebar ban dengan satuan milimiter.

Angka 50 menunjukkan ukuran aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban.

  1. Perhatikan pola tapak atau alur ban yang akan anda beli. Karena pola tapak akan sangat mempengaruhi kinerja dari ban tersebut. Alur normal pada umumnyamemiliki tingkat kenyamanan yang tinggi, namun disarankan untuk memilih ban dengan alur V karena lebih memberikan daya cegkram yang lebih baik saat melewati jalan basah atau tergenang. Apalagi kondisi Indonesia yang cenderung berhujan.
  1. Perhatikan ketebalan ban, ban yang tipis mungkin akan lebih terlihat keren namun tentu saja akan mudah cepat rusak dan juga akan mudah mderusak velg. Usahakan untuk memilih ban dengan rasio sekitar 55, jika mobil merupakan kendaraan sehari-hari yang digunakan.
  1. Pilihlan tempat ban yang sudah terpercaya, anda bisa melakukan survey terlebih dahulu baik secara online ataupun mendatangi tempatnya langsung. Dan satu lagi carilah tempat yang menawarkan harga jual terbaik untuk kantong anda. Sehingga anda tidak menyesal nantinya dengan mengeluarkan duit melebihi yang seharusnya anda keluarkan.

Demikian sedikit tips dari Rodamania bagi anda, pecinta kendaraan roda empat. Semoga bermanfaat dan berguna. Keep on ride with style, Guys.

(CAY)

EDITOR (PAY)

Share Button