Ciri-ciri kanvas kopling anda harus diganti

Share Button

RODAMANIA.COM-Setiap alat yang kita pakai pasti memiliki masanya (usia pakai), tentu hal ini juga terjadi dengan komponen yang ada di mobil anda. Salah satunya adalah kampas koling, kampas kopling adalah salah satu komponen pada mesin yang memiliki fungsi untuk bisa menghubungkan tenaga mesin ke persneling. Tentu jika kampas kopling ini sudah aus atau habis pasti performa mobil akan bermasalah. Penggantian kampas kopling sendiri bervariasi tergantung dari cara mengemudi dari orang tersebut, jika memainkan kopling dengan tenang dan juga jarang menginjak  kopling dengan kasar, kampas kopling akan lebih awet. Dan berikut beberapa cirri kampas kopling mobil sudah aus atau habis yang bisa anda cermati sehingga anda bisa segera mengantinya dan mengatisipasi agar kerusakan pada mobil tidak bertambah.

  1. Terdapat suara gemuruh saat kopling Diinjak, suara gemuruh ini datang saat anda menginjak kopling karena disebabkan oleh leher yang ada pada mobil anda perlu diganti, dikarenakan leher sudah tidak bisa bekerja dengan baik.
  2. Mobil menjadi kurang bertenaga dan selip, apabila anda merasakan mobil anda tidak mempunyai tenaga yang maksimal dan mesin terasa meraung-raung dan tidak keluar tenaganya. Apalagi saat anda sudah menginjak gas dalam-dalam namun tenaga yang dihasilkan juga masih belum sesuai maka kampas kopling anda sudah tipis, atau juga bisa disebabkan tuas kopling yang kurang sesuai sehingga kopling tidak mampu bekerja dengan baik.
  3. Tidak bisa oper gigi, ini menandakan kopling anda sudah habis atau jebol, sehingga anda tidak bisa oper gigi pada saat mesin anda hidup.
  4. Ketika menginjak kopling terdengar suara menjerit, ini menandakan leher atau bearing sudah rusak, jangan memaksakan diri untuk membawa mobil. Segera periksakanlah ke bengkel terdekat.
  5. Ketika di tanjakan tercium bau gosong dari kopling dan mobil jadi tidak kuat untuk menanjak, segera periksa mobil anda.
  6. Saat membawa mobil dan masuk gigi transmisi ke perseneling 3 atau 4, jika masih mengalami kenaikan rpm yang bagus berarti kondisi kopling masih bagus namun jika rpm semakin tinggi kecepatan masih rendah maka kopling sudah kurang bagus dan selayknya segera diganti.

Demikian sedikit tips dari rodamania mengenai ciri kampas kopling yang sudah aus dan tentu perlu diingat keawetan dari kampas kopling anda selayaknya harus dilakukan agar menjaga keawetan sehingga tidak cepat aus, baik dari sisi pemberian Oli hingga cara pemakaian. semoga bermanfaat N Keep Safety.

.(CAY)

Editor (PAY)

 

 

 

Share Button