Ini Tips Merawat Motor 2Tak Agar Tetap Awet

Share Button
Ini Tips Merawat Motor 2Tak Agar Tetap Awet

RODAMANIA.COM – Sepeda motor bermesin 2Tak memang dikenali dengan akselerasi serta tenaga yang bias dibilang dahsyat de ngan kelas sejenisnya, contoh saja jenis motor RX-KING, F1ZR, Satria R, dan Kawasaki Ninja. Namun jenis motor tersebut akhir-akhir ini tak lagi sepopuler dulu jika dibandingkan dengan jenis motor 4Tak atau Matic.

Salah satu alasannya adalah motor 2Tak mengeluarkan asap kendaraan yang menyebabkan polusi udara. Maklum saja karena motor 2Tak memiliki campuran bahan bakar yang disebut oli samping, yang menyebabkan keluarnya asap dari knalpot.

Namun hal ini bukan masalah bagi pecinta motor 2Tak, konsumsi bbm yang relatif boros serta tambahan biaya untuk membeli oli samping tak jadi alasan untuk meninggalkan kenikmatan akselerasi motor 2Tak.

Karena tetap saja performa motor 2Tak tak kalah saing dengan sepeda motor jenis 4Tak. Nah, bagi pecinta motor 2Tak jangan sampai motor kesayangan anda dibiarkanya tanpa perawatan.

Berikut Rodamania bagi tips langkah-langkah untuk merawat motor 2Tak milik anda;

Perawatan Oli samping, selalu pastikan keadaan oli dalam mesin tidak dalam keadaan bagus, oli selain berfungsi sebagai pelumas onderdil isi dalam mesin juga melancarkan kinerja rasio, jenis motor 2Tak tak harus wajib menggunakan tambahan oli samping untuk melumasi bagian piston, stang piston dan bearing kruk as. Pastikan volume dan takaran oli sesuai dengan ketentuan speda motor karna jika terlalu irit dapat menyebabkan mesin cepat panas kemudian akan terjadi overheat dan jika terlalu boros akan menyebabkan mesin ngok atau memberebet karena suplai oli samping terlalu berlebih, dan terjadi asap kenalpot yang banyak.

Karburator, Lakukan servis dan pembersihan rutin, karena karburator adalah bagian yang sangat penting dan vital dimisalkan seperti jantung bagi manusia, karburator mesin 2Tak sering terdapat banyak kotoran yang mengendap hal itu dikarenakan oleh hasil campuran bensin dan oli samping, tentunya akan mengganggu performa speda motor saat dikendarai.

Silinder Blok dan Silinder Head, Bersihkan dan bongkarsilinder blok dan kop karena motor 2Tak mudah sekali berkerak (kotoran pembakaran) bersihkan sisa pembakaran bensin bercampur oli samping yang melekat pada saluran pembuangan, jika sisa pembakaran sudah terlalu berkerak maka performa motor 2Tak akan menurun, tarikan terasa berat dan suplai bahan bakar akan bertambah boros.

Radiator, Sepeda motor 2Tak terbaru sebagian besar sudah menggunakan teknologi radiator sebagai pendingin, oleh karena itu pastikan volume air radiator dalam keadaan cukup agar terhindar dari overheat.

(FRZ)

EDITOR (PAY)

Share Button